Pemaknaan Keislaman di Media Sosial pada Pilpres Republik Indonesia Tahun 2019 Perspektif Meanings and Media

Buku : Dr. H. Deden Mauli Darajat, S.Sos.I., M.Sc.


Dalam metode Komunikasi Islam konsepnya adalah Pemaknaan, Uslub, dan Tersurat dan Tersirat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis, sintesis, dan evaluatif. Data dikumpulkan dengan cara mengumpulkan unggahan-unggahan tentang keislaman dari para Calon Presiden pada masa kampanye Pilpres tahun 2019 di media sosial resmi mereka yaitu @jokowi dan @prabowo di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Selain itu data didapat dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setiap Capres 2019 mengunggah tentang postingan keisalamannya masing- masing. Islam sebagai agama mayoritas yang dianut oleh warga negara Republik Indonesia menjadi magnet pada masa kampanye Pilpres 2019 lalu. Secara semiotika, simbol-simbol keislaman tampil dengan menonjol di unggahan para Capres. Setidaknya ada 49 unggahan tentang keislaman pada akun @jokowi dan 45 unggahan keislaman pada akun @prabowo.

Secara strukturalisme, unggahan-unggahan keislaman pada akun resmi Capres 2019 menunjukkan bahwa pada akun @jokowi menampilkan struktur budaya keislaman di Indonesia yang cukup kuat ditandai dengan unggahan bersama para tokoh keislaman dan organisasi keislaman yang besar. @prabowo pun menunjukkan hal demikian meski pendekatannya berbeda, seperti ijtima ulama pada 212 atau 2 Desember. Secara denotasi dan konotasi pemaknaan tentang keislaman dari unggahan para Capres 2019 menunjukkan bahwa wacana keislaman yang disuguhkan pada Pilpres 2019 memiliki pemaknaan keislaman yang kuat dan menonjol.

harga buku: Rp. 88.000.-

pesan via email : buku@zamzam.my.id

WA : 0817 100 227


Pemaknaan Keislaman di Media Sosial pada Pilpres Republik Indonesia Tahun 2019
Perspektif Meanings and Media
© Dr. H. Deden Mauli Darajat, S. Sos.I., M.Sc.
vi + 258 : 17,6 x 25 cm

ISBN:
Cetakan I,
Januari 2023 M
Editor : H. Dadan Maula Darmawan
Layout : Tim Zamzam

Penerbit
PT Zamzam Global Utama
Ruko Zamzam Lantai II Jln. Jenderal A Yani, No. 200 Rangkasbitung Banten
Telp: +62 8111 2222 17
Email: buku@zamzam.my.id
Web: http://zamzam.my.id/2023/01/16/pemaknaan-keislaman-di-media-sosial-pada-pilpres-republik-indonesia-tahun-2019-perspektifmeanings-and-media/


Hak cipta dilindungi Undang-undang
Dilarang mengutip dan memperbanyak sebagian atau seluruh
isi buku ini tanpa seizin tertulis dari Penerbit
Isi di luar tanggung jawab percetakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *